Jepang Modificator

6 Mobil Jepang Paling Asyik Dimodifikasi

 

Sebenarnya kendaraan jenis apapun di tangan modifikator handal bisa berubah menjadi mobil yang benar-benar baru. Tergantung ide dan kreativitas serta budget yang tersedia.
Namun dari sekian banyak mobil yang beredar di Jepang ternyata ada beberapa mobil yang menjadi pilihan modifikator. Indikator pilihan para modifikator tersebut adalah keistimewaan serta tampilan yang tidak pasaran sehingga secara khusus akan menjadi mobil spesial ketika berhasil dimodifikasi.  Tak luput kekuatan mesin bawaan pabrik salah satu indikator mengapa para modifikator menampuk sebagai mobil ikon yang asyik untuk dipermak.  Alasannya lainnya adalah keistimewaan mobil-mobil tersebut di pasaran adalah karena tersedianya beragam fitur terkini. Dan itu dipastikan menambah nilai estetika kendaraan modifikasi, baik itu mobil lawas atau mobil anyar.
Berikut 6 mobil Jepang paling asyik dimodif ala Carbuzz:

 

 

1. Nissan Skyline GT-R

 
 
Sejak dulu sampai kini, Nissan Skyline GT-R tidak pernah mengecewakan para modifikator.
Produsen mobil Nissan tidak main-main memproduksi mobil tipe tersebut. Dari segi mesin dan komponen lainnya sangat kuat sehingga kalau ada perombakan atau penamahan komponen di mesin, mesin diakui tidak bakal cepat rusak.
Pada 1956, nama Skyline sendiri adalah bukan milik Nissan. Nama Skyline adalah milik salah satu perusahaan bernama Prince yang gapek dalam membangun pesawat tempur.
Prince diakuisisi oleh Nissan pada 1966 dan pada 1969 mereka (Nissan) produksi mobil GT-R pertama dengan mesin 6 silinder. Dan nama GT-R belum menyatukdengan Skyline.
Pada masa itu Nissan berhasil memproduksi mesin 2.0 liter bertenaga 160 Hp. Tapi itu diklaim dua kali lipat lebih tangguh dari Skyline.
Dan pada 1973 generasi kedua dari GT-R diproduksi, tapi digagalkan bahkan sebelum unit ke-200 dibangun, akibat krisis gas. GT-R akhirnya kembali diproduksi pada 1989, dan itu adalah seri pertama dari R-seri GT-R, dimana untuk meneruskan generasi Skyline R32.
Perbaikan yang dilakukan Nissan terus berkembang dan pada 1993, Nissan produksi R33 untuk menggantikan R32 dan R34 padan 1999 hingga pada 2002. Nissan terus berinovasi dengan melahirkan Skyline GT-R dengan mesin RB26 bertenaga 650 Hp yang telah diracik khusus untuk pecinta kebut di dunia. Bahkan mesin tersebut masih bisa dimodifikasi hingga menghasilkan tenaga 1.000 Hp.

2. Nissan 300ZX

 
Seperti halnya Nissan Skyline GT-R, mobil sport Nissan 300ZX juga mendapatkan posisi di hati para tuner asal Jepang.
Mobil tersebut tercatat pernah menjadi tren modifikasi di Jepang. Meulai perjalanan sebagai mobil sport 240Z (Datsun di AS) pada 1969, 280ZX, 300ZX keluar pada 1983, dan Z32 tahun 90-an, hingga 370Z yang disebut sebagai Fairlady Z telah menjadi ikon bagi para modifikator.
Kemapanan desain bodi dan mesinnya 3.0 liter V6 berhasil menampilkan ketangguhan luar biasa yang tidak bisa dimiliki pesaingnya.

3. Nissan 240SX

 
 
Dalam line-up mobil sport Nissan ternyata tidak hanya tipe Z yang terpopuler. Di samping itu ada Nissan 240SX yang tetap menjadi mobil sport fantastis.
Memang mobil satu ini tidak pernah tersohor di benua Amerika, akan tetapi mobil tersebut salah satu mobil incaran para pecinta kebut sejak kelahirannya pada 1989 dan dihentikan pada 1998.
Mengapa? Tengok bodi sport yang dikawinkan mesin tangguh yang mampu mengeluarkan tenaga besar di zamannya. Tentu ini yang paling diincar para pecinta kebut. Tak sedikit mobil tersebut menjadi rujukan para tuner di Jepang, terlebih bodi elegan yang dikawinkan dengan head lamp flip yang menambah keseruan apalagi temag JDM diperkaya di mobil satu itu.
Asyiknya model lampu depan tersebut tidak pernah mengalami masalah.
Nissan 240SX menggunakan mesin KA24 2.400 cc 4 silinder yang memproduksi 140 Hp dan diperbaiki hingga mampu menghasilkan tenaga 155 Hp.

4. Mazda RX-7

 
Sebagai produsen mobil Jepang, Mazda juga tidak boleh dipandang sebelah mata.
Mazda memiliki mobil ikon bagi modifikator yakni RX-7.
Mobil tersebut berhasil memukau para modifikator lewat model coupe yang berkesinambungan hingga terbukti sebagai mobil mobil sport bermesin rotary.
Mobil tersebut perlaha-lahan menjadi pilihan modifikator untuk menuangkan idenya. Model pertama Mazda RX-7 diproduksi pada 1978 dan langsung menembus pasar mobi Jepang.
Mobil tersebut terus berkembang hingga melahirkan generasi terbaru yang lebih ciamik dalam soal bodi, mesin, suspensi.

5. Toyota Supra

 
Toyota memang handal melahirkan mobil sport. Salah satunya Toyota Supra yang tak pernah dilupakan sepanjang masa.
Toyota Supra berhasil membius para modifikator Jepang lewat modelnya, dan menjadi salah satu mobil sport spesial di zamannya.
Di balik bodi sporty-nya tersemat mesin 2.000 cc segaris yang bersemayam di Toyota Celica untuk menggantikan posisi Toyota Supra. Namun meski keluar model baru, Toyota Supra telah menjadi legenda sepanjang mobil sport Jepang.
Kombinasi bodi yang sporty sangat pantas dicangkok mesin-mesin berteknologi tinggi. Kabarnya, Toyota bakal melahirkan Supra generasi terbaru dengan bekerja sama BMW.

6. Honda Civic

 
Honda ternyata juga dinilai mampu melahirkan mobil yang asyik untuk dimodifikasi lewat Honda Civic.
Namun ini yang menarik, Honda Civic mampu membuat para modifikator terkesima dengan gaya yang tidak berlebihan tapi menarik untuk dipandang.
Honda Civic dilahirkan pertama kali pada 1973 dengan mesin 1.335 cc yang menghasilkan tenaga 50 Hp dan mesin 1.488 cc bertenaga 67 Hp. Salah satu indikator lainnya menurut modifikator adalah mobil tersebut sangat irit bahan bakar minyak yang tak dimiliki mobil sekelas.
Di Indonesia tepatnya awal 90-an Civic pernah menjadi primadona anak muda mulai SMA, hingga anak kuliahan. Jika masih ingat dulu namanya mulai, Civic Nova, Ferio, dan yang agak gambot Cielo.

Tentang gilangsatria27

superior boy
Pos ini dipublikasikan di otomotif tua. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s